Bupati Perintahkan Agar Gaji Perangkat Desa Segera Dicairkan

0
106

Lumajang, Motim. Gaji bagi perangkat desa sedikit mengalami permasalahan. Dari informasi yang berhasil dihimpun Motim, sudah  3 bulan terakhir ini gaji bagi perangkat desa masih belum dicairkan. Akibatnya,  mereka harus menahan diri dulu dan bersabar.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Drs. Gawat Sudarmanto membenarkan dengan adanya informasi ini. Ia mengatakan, hal ini dikarenakan dana APBDes memang belum dicairkan kepada desa.

Jadi, keterlambatan  gaji ini bukan tidak adanya dana. “Kalau dananya ada mas, tapi karena dana APBDes belum dicairkan kepada pihak desa, maka pembayaran gaji perangkat desa ini ikut tertunda,” kata Gawat.

Gawat juga mengatakan, rencananya untuk gaji perangkat desa nantinya  akan dibayarkan langsung ke rekening pribadi tiap-tiap perangkat desa. Sehingga tidak harus berbelit dan  menunggu proses di desa.

“Nantinya seperti PNS mas, langsung masuk ke rekening perangkat desa,” kata Gawat Sudarmanto kemudian.

Dijelaskan pula oleh Bupati Lumajang Drs. H. As’at Malik, M.Ag bahwa sudah menerima laporan penunggakan gaji ini. Ia juga sudah memerintahkan untuk segera mencairkan dana APBDes tersebut. Sehingga perangkat desa bisa segera bisa gajian.

“Pak bupati sudah minta segera dibayarkan mas. Mungkin hari ini ada 64 desa yang rencana akan dicairkan,” kata Gawat. (fit)

NO COMMENTS