Kendaraan Bak Terbuka Masih Angkut Orang

0
105

Lumajang, Motim. Meski sudah ada larangan kendaraan bak terbuka dilarang mengangkut orang, namun kendaraan jenis pick up (pikap) warna hitam milik salah satu pabrik penggilingan padi ini, setiap pagi terlihat mengangkut belasan orang diduga karyawan pabrik.

Parahnya lagi, kendaraan pick up itu tidak dilengkapi dengan penutup bak belakang, sehingga rawan terjadi kecelakaan. Kondisi ini diharapkan agar pihak kepolisian segera menertibkan sebagai upaya antisipasi terjadinya kecelakaan.

“Setiap pagi banyak kendaraan bak terbuka yang mengangkut orang melintas di Jalan Raya Desa Banjarwaru menuju ke Lumajang. Rata-rata mobil pick up itu tidak ada penutup bak belakangnya. Misalkan mobil itu ngerem mendadak, rawan ada yang jatuh Mas,” tutur Nurita warga setempat.

Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Ridho Tri Putranto SH, SIK melalui Kaur Bin Ops Iptu Setyo Budi saat ditemui Memo Timur menegaskan, sesuai dengan pasal 303 dan UU No 22 Tahun 2009 kendaraan bak terbuka seperti truk, pick up dan sejenisnya dilarang mengangkut orang.

Dan apabila kendaraan bak terbuka kedapatan mengangkut orang dan terjaring dalam operasi rutin tertib berlalu lintas, pihaknya memastikan akan menindak tegas. “Setiap ops rutin, tidak pernah mendapati kendaraan bak terbuka mengangkut orang ,”ujarnya

Namun demikian, pihaknya berjanji segera menindaklajuti informasi masyarakat tentang banyaknya kendaraan bak terbuka mengangkut orang di jalur Senduro Lumajang tersebut yang dinilai tidak mengedepankan keselamatan para penumpang.

”Informasi ini akan kami sampaikan kepada pimpinan, bagaimana petunjuknya nanti segera dilaksanakan,” tegas Setyo Budi. (cho)

NO COMMENTS