5 Ribu Warga Terlibat Aksi Bersih-Bersih Kali Asem

0
112

Lumajang, Motim. Sedikitnya ada 5 ribu warga terlibat dalam aksi bersih-bersih di sepanjang bantaran Kali Asem, Jumat (31/3). Aksi yang dinahkodai Pemkab Lumajang itu, guna menciptakan kondisi sungai yang bersih dan sehat. Seperti diketahui, Pemkab Lumajang sudah melakukan pencanangan Kali bersih (prokasih).

Bupati Lumajang Drs. H. As’at Malik, M.Ag juga turun  langsung ikut bersih-bersih. Terlihat pula, Wabup dr. Buntaran, Kapolres AKBP Raydian Kokrosono, S.Ik, dan Dandim 0821 Letkol. Inf. Imam Purnomo Hadi, S.Ip.

Gerakan ini dilakukan karena melihat masih banyak ditemui sampah, gulma dan sedimen, utamanya di area Kali Asem. Sehingga dinilai kurang rapi dan indah. Aksi bersih-bersih sungai ini juga bertujuan untuk mengurangi dampak pencemaran sungai akibat sampah dan mencegah terjadinya bencana banjir.

Dalam aksi bersih-bersih ini, yang ikut berpartisipasi mulai dari jajaran SKPD,  organisasi-organisasi pecinta lingkungan, pelajar, hingga masyarakat umum. “Terciptanya lingkungan bersih dan terbebas dari banjir merupakan tanggung jawab bersama,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nurul Huda.

Sasaran kerja bhakti  ini dari jembatan merah sampai dengan bendungan gambiran. Terlihat masyarakat antusias untuk turun tangan menyusuri Kali Asem sambil memunguti sampah dan membersihkan aliran sungai.

Sementara bupati menyampaikan, Kali Asem merupakan sungai yang melintang di tengah kota dan berpotensi menimbulkan bencana banjir. “Kita upayakan tidak terjadi. disamping membersihkan bagian dalam sungai dengan alat berat, kita juga harus membersihkan rumput-rumput dan sampah agar aliran sungai lebih lancar,” ujarnya.

Aksi bersih-bersih sungai ini juga dalam rangka mendukung Program Kotaku atau Kota Tanpa Kumuh. Rencananya awal April mendatang gerakan Pramuka Lumajang akan melakukan pengecatan Kampung Kelir di bantaran Kali Asem.

Hal ini dimaksudkan  guna mendukung Kabupaten Lumajang yang indah dan nyaman. “Hari ini kita melakukan upaya bersih-bersih sungai. Saya yakin kebersamaan ini akan membawa Lumajang semakin bisa kita nikmati,” pungkasnya. (fit)

NO COMMENTS