Paspor JCH Empat Kabupaten Tuntas 70 Persen

0
155

Jember, Motim. Kantor Imigrasi Kelas 2 Jember telah merampungkan 70 persen dari total keseluruhan pengajuan dari Jamaah Calon Haji (JCH) dari empat kabupaten, Situbondo, Bondowoso, Jember dan Banyuwangi. Dan pihak Kantor Imigrasi Kelas II Jember menargetkan seluruh kepengurusan Paspor bagi JCH untuk 4 Kabupaten tersebut selesai pada bulan Mei atau sebelum datangnya bulan suci Ramadaan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Jember, Rudirara Rahmad Kosasih mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan sebanyak 419 paspor milik para JCH Kabupaten Jember yang akan berangkat menunaikan ibadah suci pada tahun 2017 ini.

“Kita sudah serahkan langsung paspor JCH yang sudah selesai, untuk kabupaten jember ada sebanyak 419 paspor yang awal kita sudah serahkan dan diterima resmi oleh kepala Kemenang Jember, ini jadi bagiaan pengawasan dan pelayanan kami,” ujar Rudiara kemarin siang.

Dan untuk memperpendek alur pelayanan, ada ratusan paspor JCH yang telah diselesaikan itu, langsung diserahterimakan secara simbolis dari Kepala Imigrasi Jember, Situbondo dan Bondowoso.

“Kalau untuk Banyuwangi kami telah selesaikan sekitar 600 paspor kepada Kantor Kemenag Banyuwangi melalui kantor Unit Layanan Paspor (ULP) Banyuwangi,” jelasnya lagi.

Menurut Rudiara, penyerahaan langsung paspor untuk JCH kepada pihak Kemenag merupakan komitmen dari Kantor Imigrasi Jember dalam memangkas dan memerangi bersama terjadinya penyimpangan ataupun pungutan liar oleh petugas maupun pihak-pihak lain.

“Dari sini bisa kita pastikan untuk kepengurusan paspor JCH ini tidak ada biaya-biaya lain, kalau kita serahkan langsung kepada pemohon maka prosesnya akan panjang dan kami tidak harapkan sampai terjadi penyimpangan atau pungutan liar, oleh karenanya kita serahkan langsung kepada kepala kementerian agama dan sepenuhnya jadi tanggung jawab dari Kemenag Jember untuk meneruskan kepada pemohon,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember, Fachrur Rozi mengatakan hingga saat ini kuota jamaah haji kabupaten Jember masa keberangkat 2017 mencapai 2.400 jamaah. Namun jumlah tersebut deperkirakan akan terus bertambah seiring dengan pengembalian kuota jamaah haji Indonesia.

“Saya sampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kebersamaan dan kelancaran untuk memberikan pelayanan yang cepat dalam kepengurusan paspor JCH yang dilakukan Imigrasi Jember, dan hal ini yang memang diharapkan oleh masyarakat,” tandasnya.

Selain menyerahkan langsung paspor milik JCH Kabupaten Jember, dalam kesempatan itu Kepala Kantor Imigrasi Jember juga menyerahkan langsung ratusan paspor milik JCH dari Kabupaten Bondowoso, Situbondo dan Banyuwanggi kepada Kepala Kantor Kementerian Agama di wilayah masing-masing. (afu)

NO COMMENTS